Jurnalisme dan Kesadaran Gender

Angka janda

Sebuah koran lokal memuat berita yang mengundang rasa penasaran, menggelitik, dan cenderung bombastis. Judul yang tertera di situ terpampang mencolok: “Ada 9.259 Janda Baru di Malang Raya.”
Yang terbayang dalam benak adalah: perceraian di Malang amat tingginya. Tapi, yang tak disadari oleh pikiran adalah kenapa hanya “janda” yang jadi topik judulnya? Kemana para duda itu kok hilang (dihilangkan) dari pembicaraan?

Sejurus kemudian, saya jadi teringat kepada pentingnya kesadaran gender. Ketidaksetaraan gender di masyarakat kita memiliki celah yang terbilang banyak, ada beberapa mekanisme kultural yang berusaha, baik sengaja maupun tidak, melanggengkan keadaan tersebut. Dan patut diakui, berita-berita dengan judul dan frame demikian sebetulnya menyumbang pelanggengan tersebut.

Media adalah ranah publik dan, oleh karena itu, kepekaannya terhadap isu gender sangat diperlukan agar tidak menjadi bagian pelanggengan ketidaksetaraan di atas. Jurnalisme harus sensitif gender! 

Dalam kasus di atas, terlihat adanya kecerobohan si jurnalis dalam membuat judul yang tidak mempertimbangkan sisi sensitivitas gender. Judul itu problematis sebab (1) ia hanya mencantumkan “janda” dan menyembunyikan kenyataan yang sama pada “duda”, (2) ia memosisikan perempuan (janda) sebagai objek pembicaraan dan lelaki (duda dan pembaca pada umumnya) sebagai pembicara, dan (3) ia mensubordinasi perempuan sebagai pusat masalah perceraian (banyaknya angka janda), padahal problem sebetulnya adalah banyaknya angka perceraian yang niscaya melibatkan lelaki dan perempuan.

Judul semacam itu menjadi makin runyam sebab ia melanjutkan stereotype yang ditanggung perempuan: perempuanlah biang keladi setiap persoalan yang dialami perempuan. Contoh yang paling umum: perkosaan adalah karena pakaian korban tak senonoh. Dengan cara yang serupa, judul di atas rupanya memuluskan anggapan bahwa persoalan tingginya angka perceraian adalah persoalan tingginya angka janda, bukan persoalan relasi lelaki-perempuan yang rawan.

Jika ditanya, kenapa judul yang tidak sensitif gender semacam itu bisa lolos keredaksian, saya tak punya pikiran lain selain karena media mengejar profit. Media semacam ini rela menabrak etika jurnalistik demi mengejar profit perusahaan. Caranya adalah dengan judul bombastis yang tanpa solusi, penggalian data yang dangkal dan ilustrasi gambar yang mengundang ketertarikan.

Hal ini terbukti kok. Coba saja Anda cari di mesin pencari kata kunci serupa, misal “angka janda baru di malang”, rupanya banyak media yang mengangkat judul seperti itu. 

Nah, ternyata persoalan semacam ini pun masih tidak rampung di media massa kita. Dibutuhkan pembaca yang peka menghadapi berita-berita tak taat etika semacam ini.

Nah, untuk membekali diri dari berita-berita yang tidak sensitif gender semacam itu, saya anjurkan baca buku Menggagas Jurnalisme Sensitif Gender (Yogyakarta: PMII Komisariat IAIN Yogyakarta, 1998). Buku ini bermanfaat sekali dalam menambah wawasan gender di bidang tulis-menulis. Apalagi kita adalah blogger, rasanya penting juga mengangkat tema yang sensitif gender, yakni membuat tulisan yang menempatkan posisi lelaki-perempuan secara adil.[]

18 responses to “Jurnalisme dan Kesadaran Gender”

  1. nilamic Avatar

    Sahabat Janda 😁

    Like

    1. mhilal Avatar

      Ajeh, komentar macam apa ini?

      Like

      1. nilamic Avatar

        Kemaren saya keluar dari Group Dagelan Santri . Setalah itu saya beralih ke Group itu –Sahabat Janda. Atas saran Abd. Qodir.
        Perpindahan itu menggelitik, dan tanpa pikir panjang, setelah saya baca post njenengan saya berkomentar demikian.
        Maaf gus 😁

        Like

  2. permoto Avatar

    Belum lagi label janda yang kemudian melekat adalah: penggoda suami orang. Hadeuh!

    Like

    1. mhilal Avatar

      Nah, itu. Mereka sudah korban, dianggap biang masalah pula. Stereotype yang tidak manusiawi….

      Like

  3. ysalma Avatar

    Khusus untuk kasus diatas, memang masih sangat tidak berimbang pemberitaan dan cara pandang masyarakat. Tidak semua perempuan senang dengan status tsb.

    Like

    1. mhilal Avatar

      Benul, mbak. Beritanya parah itu. Cara menarik minat pembacanya norak 😁

      Liked by 2 people

  4. Rissaid Avatar
    Rissaid

    Terimakasih mas, utk seorang lelaki mengangkat topik ini. Saya terharu.

    Semoga kita selalu pekan dgn hal2 yg tdk ‘sepele’ bgni.

    Like

    1. mhilal Avatar

      Problem bersama ini. Bagian dari literasi media. Saya berharap ini berguna 😊

      Like

  5. Nur Ahmadi Avatar

    Ya….itulah media/.penulis yang tidak sensitif gender ikut bahkan mungkin secara signifikan menyumbang sikap/perilaku masyarakat yang tidak adil terhadap perempuan termasuk janda. Terimakasih atas likenya pada tulisan saya yang juga terkait topik gender mas. Salam kenal

    Like

    1. mhilal Avatar

      Melek media sangat diperlukan saat ini, mbak.
      Dengan senang hati. Saya lihat banyak tulisan mbak Nur Ahmadi yg bermanfaat. Semoga bisa berbagi terus 😊

      Liked by 1 person

      1. Nur Ahmadi Avatar

        Betul mas, Aamiin….InsyaAllah mas, makasih banyak atas dukungannya

        Like

  6. azizatoen Avatar

    Kayak materi kuliah saya ini kak, emang asyik kalau bahas soal kesadaran/kesetaraan gender 😀

    Like

    1. mhilal Avatar

      Oh ya? Emang azizatoen kuliah bidang studi apa?

      Liked by 1 person

      1. azizatoen Avatar

        Jurusan ilmu komunikasi kak hehehe

        Like

      2. mhilal Avatar

        Wah, mantap itu, azizatoen. Apa pernah membuat tulisan tentang materi itu? Saya kepingin baca….

        Like

      3. azizatoen Avatar

        Sayangnya belum kak, bisa dipertimbangkan untuk ditulis suatu saat nanti kak, kalau ilmu yang didapat sudah cukup 😂

        Like

      4. mhilal Avatar

        Haha… sangat saya tgg itu tulisannya ☺

        Liked by 1 person

Leave a comment

I’m Hilal

Welcome to Kurusetra, my cozy corner of the internet dedicated to all things creative and delightful. Let’s seize the day!

Let’s connect