Kita sudah sampai ke paruh kedua bulan Puasa. Tidak terasa, kan?

Bagi saya, cepatnya waktu berlalu justru karena kesibukan yang makin padat. Selama bulan puasa ini, persiapan berkas kantor malah semakin mendesak. Pekerjaan pun makin menumpuk.

Memang betul, bulan puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Seharusnya, meski sedang puasa kita tetap segesit dulu dalam pekerjaan. Tapi rupanya teori itu sulit juga diterapkan.

Kenyataanya, kinerja saya makin lambat di siang hari. Sedang di malam hari, stamina dan konsentrasi saya lebih maksimal. Bekerja malam hari lebih produktif ketimbang siang hari. Itu tidak ideal, memang.

Sehari-semalam selama bulan ini, kegiatan saya berjalan rutin sebagai berikut. Siang hari sehabis zuhur, saya berangkat ke kantor (Ini tidak seperti biasanya. Biasanya saya berangkat jam 9 pagi). Tiba di kantor, saya akan langsung buka laptop dan menekuninya hingga jelang magrib (biasanya, sesampai ke lokasi saya masih bisa bersosialisasi. Kali ini tidak bisa!).

Itulah kesempatan bersosialisasi, yakni jelang-jelang buka puasa hingga salat magrib. Sehabis magriban, saya langsung menghadap laptop lagi hingga isya. Sehabis tarawih, saya langsung menyiapkan berkas bersama teman kantor lain, menyusunnya sesuai standar yang tersedia, mencocokkannya dengan daftar data, dan lain-lain. Saat ini juga saya bisa menyela-sela sosialisasi bersama teman sekantor.

Kami semua akan pulang paling lambat jam 11 malam. Sehabis itu, langsung nyosor di kasur. Tidur. Bangun jam setengah 4 buat sahur. Sehabis subuh, nyosor lagi sampai siang jelas zuhur. Sehabis zuhur berangkat ke kantor lagi.

Bulan puasa ini dijamin akan minim bermalas-malasan, minim liburan dan piknik, minim baca buku dan nonton film bagus. Semua terserap di pekerjaan. Inikah kehidupan normal? Semoga bukan.[]


Catatan Bahasa:
Orang-orang di sini sangat terbiasa menggunakan kata “visitasi”, yang merujuk pada kunjungan asesor untuk menguji dan mengaudit berkas akreditasi yang kami ajukan beberapa bulan lalu. Ini istilah apa pula ini?

KBBI menyebutkan artinya harfiah kata ini sebagai “kunjungan”. Di situ dicontohkan: kegiatannya antara lain melakukan (visitasi) ke Penang. Ah, ternyata kata ini ada dalam KBBI. Syukurlah….

26 responses to “Ramadan, Bulan Penuh Berkas!”

  1. AKHMAD FATONI Avatar

    Emang kerjanya di mana? Jam kerjanya kok asik, begitu pula aktivitas kerjanya. Aku pikir tadi kerjanya di Mesir.

    Like

    1. mhilal Avatar

      Bukan, saya di wilayah selatan kabupaten malang.
      Btw, blognya sampean belum berisi tulisan ya?

      Like

      1. mhilal Avatar

        Sepertinya set blog sampean perlu diperbaiki. Setiap kali saya klik nama sampean di kolom komentar, linknya mengarah ke blog yg salah

        Like

      2. AKHMAD FATONI Avatar

        Caranya bagaimana ya?

        Like

      3. mhilal Avatar

        Di pengaturan profil. Sepertinya sampean keliru menuliskan domain blog sampean

        Like

      4. AKHMAD FATONI Avatar

        Oke, aku coba deh.

        Like

      5. AKHMAD FATONI Avatar

        Coba sampean cek. Bisa ndak?

        Like

      6. mhilal Avatar

        Belum bisa, mas. Lainknya mengarah ke domain ini: akkhmadfatoni.wordpress.com
        Padalah blog sampean kan sastramaya.wordpress.com. Jadi memang perlu diset

        Like

      7. AKHMAD FATONI Avatar

        Owalah gitu ya

        Like

      8. AKHMAD FATONI Avatar

        Barusan tak ganti, berhasil atau ndak ya?

        Like

      9. mhilal Avatar

        Nah, sip. sudah bisa mas 😀

        Like

      10. AKHMAD FATONI Avatar

        Terimakasih sudah diberitahu. 🙂

        Like

  2. bundamuna Avatar

    hahaha.. Belum baca tulisannya, aku udah ngakak baca judulnya 😀

    Like

    1. mhilal Avatar
      mhilal

      Semoga mbak bundamuna ketawa bukan karena pengalaman yang sama 😀

      Like

  3. Mita Alakadarnya Avatar

    di tempat kerja saya juga gitu klu bulan puasa gini konsentrasi pada berkurang (termasuk saya) 🙂

    Like

    1. mhilal Avatar
      mhilal

      Nah, itu dia. Kok bisa ya? :mrgreen:

      Like

      1. Mita Alakadarnya Avatar

        mungkinkah karena perut kosong??? 🙂

        Like

      2. mhilal Avatar
        mhilal

        Iya juga sih. Bisa jadi juga karena pikirannya pecah, antara pekerjaan & makanan. Ah, sama saja ya :mrgreen:

        Like

  4. angkasa13 Avatar

    Wahh unusual office hours tampaknya… Tapi asikk juga. Ga kena macet

    Like

    1. mhilal Avatar
      mhilal

      Sebetulnya, di tempat saya ndak ada macet meski di usual office hours. Hhee

      Liked by 1 person

      1. angkasa13 Avatar

        Wahh dimana tinggalnyaa

        Like

      2. mhilal Avatar
        mhilal

        Di Kabupaten Malang, itu pun bagian selatan :mrgreen:

        Like

      3. angkasa13 Avatar

        Wahhh asyikk bebas macet, kotaa saya udah mulai crowded, bandung

        Like

      4. mhilal Avatar
        mhilal

        Kalau di kota, Malang juga sudah mulai crowded. Tempat saya tidak terhitung kota. Jadi masih belum begitu ramai 🙂

        Like

Leave a comment

I’m Hilal

Welcome to Kurusetra, my cozy corner of the internet dedicated to all things creative and delightful. Let’s seize the day!

Let’s connect