bahasa indonesia / Esai / Ulasan Blog

Blog: Bahasa Indonesia

Satu hal yang amat vital dalam dunia blog: Bahasa Indonesia. Sebuah blog yang tak mengindahkan tata aturan Bahasa Indonesia seperti sebuah pakaian yang compang-camping. Dia yang menggunakannya pasti akan terlihat aneh, secakep apapun wajahnya.

Berhubung alam blog menjamin kebebasan tanpa batas, bisa jadi seorang blogger memang sengaja menulis dengan menerobos tata aturan bahasa. Sekarang sedang trennya gaya alay, kata “saya” bisa menjadi “saia”, jelas-jelas melanggar aturan bahasa, toh masih jalan juga. Bahkan tidak sedikit kaum muda yang menggemarinya–meski saya berharap lebih banyak yang mencaci-makinya.

Tidak jadi masalah, ini hanya soal pilihan. Ada sebagian orang yang memang memilih hidup di luar sistem yang resmi seperti tata aturan Bahasa Indonesia ini, dengan beragam alasan yang perlu dihormati. Hanya saja, jika alasan itu mengabaikan sebuah kesempatan untuk mengembangkan Bahasa Indonesia tentu perlu disayangkan. Dan blog adalah kesempatan luas untuk melakukannya, jauh lebih luas ketimbang media cetak, Facebook, Twitter, apalagi sandek.

Di sisi lain, ada sebagian blogger yang memang sejak awal hendak mengembangkan kemampuan bahasa asingnya. Ini pun sebuah pilihan dan, sepertinya, tak ada hubungannya dengan bahasa Indonesia dan tetek-bengek pengembangannya. Jadi, tak usah dibahas lagi, ini sudah benar adanya.

Nah, kalau ada blogger yang memang kurang wawasan mengenai tata aturan Bahasa Indonesia, ini baru persoalan. Apa boleh buat, sekolah kita tidak pandai mengajarkan Bahasa Indonesia, sehingga hampir semua siswanya enggan mempelajarinya dengan baik. Dengan santun tapi tepat sasaran, Lie Charlie pernah mengeluhkan hal ini di Majalah Tempo (21 Jun 2010).

Jika demikian keadaannya dan ada komitmen untuk menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik, ada baiknya melirik blog-blog yang menyediakan tata aturan dan kaidah Bahasa Indonesia. Belajar Bahasa Indonesia sambil merawat blog adalah cara jitu, sebab pengetahuannya bisa langsung diterapkan dalam tulisan-tulisannya.

Berikut ini adalah beberapa daftar blog mengenai Bahasa Indonesia:

Bahasa Kita, sebuah situs hasil gagasan Wieke Gur.

“Bahasa Kita diluncurkan ke publik pada akhir tahun 2007 sebagai sumber informasi yang praktis bagi penutur asing, turis, tenaga kerja asing, guru-guru Bahasa Indonesia dan siapa pun yang sedang belajar dan mencintai bahasa Indonesia di seluruh dunia.”

“Bahasa Kita menjelaskan dengan gamblang perbedaan antara bahasa formal dan informal. Memuat kosa kata baru dan menjelaskan kata kata slang baru yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari.”

“Bahasa Kita dibuat agar juga bermanfaat bagi orang-orang Indonesia yang telah meninggalkan kampung halaman untuk tinggal di luar negeri, dan jarang pulang ke Indonesia atau jarang menggunakan bahasa Indonesia. Kelestarian bahasa Indonesia ada di tangan bangsa Indonesia.”

Rubrik Bahasa, sebuah blog yang menyediakan koleksi artikel tentang bahasa Indonesia dari berbagai media massa arus utama, yakni Kompas, Lampung Post, Majalah Tempo dan Pikiran Rakyat.

Badan Bahasa, situs resmi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Berbagai tata aturan Bahasa Indonesia berasal dari lembaga ini.

Forum Bahasa Media Massa (FBMS).

Lidah Ibu, sebuah majalah daring mengenai fenomena Bahasa Indonesia.

Tambahan lagi, sepertinya seorang blogger perlu juga mengoleksi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Buku tebal itu selain amat berguna menyediakan kosa kata dalam kegiatan menulis, siapa tahu juga akan berguna buat bantal di saat tidur. Tapi sekarang sudah jaman digital, KBBI sudah tersedia di dunia maya, sudah daring. Jadi, tak perlulah para blogger memikulnya kemana-mana.[]

photocredit: flixya.com

Iklan

17 thoughts on “Blog: Bahasa Indonesia

  1. My brother recommended I might like this blog. He was totally right.This post actually made my day. You ca218#&nn7;t imagine just how much time I had spent for this info! Thanks!

    Suka

  2. Ping-balik: Referensi Baru Belajar Bahasa Indonesia | Kurusetra

  3. Ping-balik: Refrensi Baru Belajar Bahasa Indonesia | Kurusetra

  4. Ping-balik: Alamat blog Bahasa Indonesia | khasanmundhori

  5. mohon maaf bagaimana cara membuat blog
    sya memang ketinggalan jaman tapi saya pengen punya blog
    makasih

    jay,,,,

    ___________
    >> jaitri:
    Tinggal sedia email saja, mas. Trus, ndaftar di wordpress atau blogspot, kalau pean maunya yang gratisan.

    Suka

  6. Sememangnya saya suka sekali dengan pendapat Hilal kerana itu juga adalah pendapat saya. Di Malaysia, bahasa pasar malaysia malah lebih dahsyat lagi. Terutama bahasa SMS. Tulisan yang pelik-pelik dan singkatan yang aneh-aneh. Yang lebih mengecewakan, media elektronik seperti televisyen juga menggunakan bahasa aneh-aneh ini sebagai tajuk cerita untuk hiburan. Aduhai.

    Jadi kerana itulah saya lebih selesa menggunakan Bahasa Malaysia standard dengan tulisan penuh (tanpa singkatan) ketika berblog. Bukankah ‘Bahasa Jiwa Bangsa’? 🙂

    _____________
    >> furaiah:
    Thank You very much, furaiah.
    Language is the soul of nation, I like it

    🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s